Sekolah di Ghana Larang Siswi Sedang Menstruasi Sebrangi Sungai

Gadis-gadis yang tinggal di dekat Kyekyewere (tidak digambarkan) terkena larangan tersebut (Foto: BBC)

Gadis-gadis yang tinggal di dekat Kyekyewere (tidak digambarkan) terkena larangan tersebut (Foto: BBC)

POJOKSATU.id, ACCRA – Sekolah di Ghana telah melarang anak-anak perempuan menyeberangi sungai saat mereka sedang datang  bulan atau menstruasi.

Seperti dilansir BBC, Jumat (12/1/2018) larangan yang diduga berasal dari dewa sungai setempat itu telah membuat sejumlah aktivis geram.

Menurut mereka, anak-anak perempuan yang dilarang menyebrangi sungai untuk dapat menuju sekolah dapat kehilangan pendidikan mereka.

Afrika Sub-Sahara di distrik Upper Denkyira Timur, di Wilayah Tengah, sudah berjuang untuk menjaga anak perempuan di sekolah selama masa menstruasi mereka.

Organisasi PBB, Unesco, memperkirakan satu dari 10 anak perempuan di wilayah tersebut tidak sekolah karena mereka sedang menstruasi.

Sementara laporan Bank Dunia mencatat bahwa 11,5 juta perempuan Ghana kekurangan fasilitas pengelolaan kebersihan dan sanitasi yang dibutuhkan.

Duta kebersihan hunian Unicef ​​Shamima Muslim Alhassan mengatakan bahwa perintah tersebut, yang berlaku untuk bagian dari Sungai Ofin, melanggar hak perempuan atas pendidikan.

“Sepertinya para dewa benar-benar kuat bukan?” Shamima Muslim mengatakan kepada BBC Pidgin.

“Terkadang saya berpikir bahwa kita perlu meminta beberapa bentuk pertanggungjawaban dari para dewa ini yang terus melarang mereka,” tambahnya.

Menteri Wilayah Pusat, Kwamena Duncan telah memberikan indikasi bahwa dia akan berkoordinasi dengan menteri daerah Ashanti untuk mencari solusinya, lapor BBC Pidgin.

Sungai Ofin berfungsi sebagai batas antara Ashanti dan Wilayah Tengah. Banyak budaya memiliki mitos dan tabu seputar menstruasi.

Di Madagaskar, beberapa wanita diminta untuk tidak mencuci selama periode menstruasi mereka dan di Nepal beberapa wanita terpaksa tidur di gubuk jauh dari keluarga.

(mia/pojoksatu)




loading...

Feedss

Narji Siap Sambut Anak Ketiga

Pelawak Narji tengah diselimuti kebahagiaan. Pasalnya, tak lama lagi ia akan menyambut kehadiran anak ketiga.