Asap Tebal Landa Pakistan, 15.000 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

(Foto: Reuters)

(Foto: Reuters)

POJOKSATU.id, LAHORE – Dua minggu asap tebal beracun telah melanda beberapa daerah  di Pakistan hingga menyebabkan hampir 15.000 dirawat di rumah sakit.

Dilansir dari Reuters, Jamat (10/11/2017) asap tebal telah menyelimuti kota timur Pakistan dan beberapa daerah perkotaan lainnya selama hampir dua minggu.

Asap tebal tersebut telah melumpuhkan seisi kota diantaranya penerbangan dibatalkan serta kecelakaan yang kian melonjak, kata beberapa pejabat pada hari Jumat.

Pakistan kini dalam sedang dalam krisis atau dalam keadaan darurat asap yang lebih luas hingga menyerang negara tetangga India.

Pemerintah New Delhi pada Jumat berencana menyiram air ke seluruh kota guna mengurangi asap yang kian menebal.

Ahli meteorologi mengatakan bahwa lonjakan polusi dipicu oleh asap knalpot kendaraan, debu dan pembakaran tanaman secara ilegal.

Keterbatasan bantuan telah menyebabkan lebih dari 250 kecelakaan lalu lintas, menewaskan 14 orang dan melukai lebih dari 400 orang, kata Jam Sajjad Hussain, pejabat penyelamat pemerintah.

Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan, Kamran Malik, mengatakan puluhan penerbangan tertunda, dibatalkan atau dialihkan selama seminggu terakhir ini.

Dan lebih dari 15.000 pasien yang terkena dampak asap masuk ke rumah sakit dengan infeksi saluran pernapasan akut, alergi dan penyakit terkait polusi lainnya di wilayah Lahore, kata Faisal Zahoor, direktur jenderal kesehatan provinsi Punjab.

Tingkat Partikulat Matter (PM 2.5) telah menyentuh 500mg per meter kubik dalam beberapa hari terakhir di beberapa wilayah di Pakistan.

Dimana batas normal di atas 150mg, kata juru bicara kementerian lingkungan Naseem-ur-Rehman Shah.

Partikel, jika terhirup jauh ke dalam paru-paru, bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, kanker paru-paru, alergi parah dan penyakit pernafasan.

Pihak berwenang telah menyarankan orang-orang di daerah yang terkena asap untuk menghindari perjalanan dan tetap berada di rumah.

(mia/pojoksatu)

 


loading...

Feeds