‘Vampir’ Berkeliaran di Wilayah Ini, Lima Orang Jadi Korban

POJOKSATU,id-Rumor soal keberadaan sosok ‘vampir’ atau makhluk penghisap darah manusia, membuat masyarakat di wilayah Malawi ketakutan. Ketakutan itu semakin menjadi setelah ada lima warga yang jadi korbannya.

Menurut informasi dari BBC, kelima orang yang tidak dirilis identitasnya itu tewas dibunuh. Namun pelakunya bukan si ‘vampir’ melainkan segerombolan orang yang main hakim sendiri.

Mereka mencurigai lima orang itu adalah ‘vampir’ nya karena telah minum darah manusia sebagai bagian dari ritual sihir.

Menanggapi rumor semacam itu, PBB menarik stafnya dari distrik yang terkena rumor tersebut demi alasan keamanan.

PBB dalam sebuah laporan menyebut bahwa rumor vampir muncul dari Mozambik, dan menyebar melintasi perbatasan ke distrik Malawi di Mulanje dan Phalombe.

Belum jelas apa yang memicu ketakutan di daerah tersebut, namun menurut laporan PBB, penduduk desa telah mendirikan blokade jalan untuk memburu ‘vampir’ itu.

Selain itu, jam malam juga diberlakukan oleh pemerintah demi mencegah lebih banyak lagi kematian. Jam malam membatasi pergerakan warga yang hanya diizinkan 10 jam sehari, yakni dari pukul 07.00 hingga 17.00.

Di Malawi sendiri, rata-rata standar pendidikan masih rendah dan kepercayaan akan ilmu sihir tersebar luas. Kasus kekerasan terkait rumor ‘vampir’ ini bukan kali pertama terjadi. Hal yang sama juga pernah terjadi pada tahun 2002 lalu.

Presiden Malawi Peter Mutharika segera meluncurkan investigasi atas kasus tersebut.

(ysp/pojoksatu)


Feeds