Pilot Sakit, Maskapai Air Berlin Gulung Tikar

Maskapai AIr Berlin (Foto: RT)

Maskapai AIr Berlin (Foto: RT)

POJOKSATU.id, BERLINĀ – Maskapai penerbangan Jerman, Air Berlin harus gulung tikar setelah telah membatalkan lebih dari 70 penerbangan, Selasa (12/9/2017).

Hal tersebut dikarenakan para pilot menderita sakit dengan jumlah yang sangat tinggi, demikian laporan Reuters.

Situs perusahaan mengungkapkan penerbangan dibatalkan dari beberapa bandara Jerman termasuk Berlin Tegel, Duesseldorf, Hamburg, dan Cologne.

Bulan lalu, Air Berlin, maskapai penerbangan kedua terbesar Jerman itu mengajukan perlindungan kebangkrutan tak lama setelah pemegang saham utama Etihad Airways mengumumkan penarikan dana.

Etihad memegang 29,2 persen saham Air Berlin dan dilaporkan telah menarik dukungan keuangan setelah bertahun-tahun mengalami kerugian.

Awal tahun ini, maskapai berbasis di Abu Dhabi tersebut mengatakan akan berhenti membiayai maskapai penerbangan Eropa lainnya, Alitalia, yang telah kembali membuat kerugian.

Etihad diketahui memiliki 49 persen saham maskapai di Italia.

Air Berlin menerima pinjaman transisi sebesar 150 euro juta atau Rp. 2,3 triliun dari pemerintah Jerman.

Tunjangan tersebut mungkin dilaporkan membuat kapal pengangkut tersebut bertahan hingga pertengahan November.

Sesaat setelah pengumuman bangkrut, aset Air Berlin kemungkinan akan diakuisisi oleh maskapai penerbangan utama Eropa Lufthansa

Kemudian, maskapai penerbangan berbiaya rendah Irlandia Ryanair menuduh Lufthansa dan pemerintah Jerman melakukan persekongkolan untuk mengungkap aset maskapai yang ambruk tersebut.

Berlin membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa dukungan untuk maskapai induk tersebut tidak melanggar peraturan anti-trust.

Peserta Lelang sampai 15 September sudah mengajukan penawaran. Keputusan mengenai nasib Air Berlin paling lambat diumumkan pada 21 September medatang.

(mia/pojoksatu)

AHM Luncurkan All New Honda PCX Produksi Indonesia

loading...

Feeds