Sedih… Cegah Kedatangan Etnis Rohingya, Myanmar Tanam Ranjau

Warga etnis Rohingya terus mengungsi

Warga etnis Rohingya terus mengungsi

POJOKSATU.id, DHAKA – Myanmar mulai menanam ranjau darat di sepanjang perbatasan Bangladesh untuk mencegah kembalinya etnis Muslim Rohingya ke Myanmar.

Pasukan keamanan Myanmar terlihat sedang memasang pagar kawat berduri dan meletakan sesuai ke dalam tanah yang diduga ranjau.

“Mereka menanam ranjau darat di wilayah mereka di sepanjang pagar kawat berduri di antara dua pilar,” kata beberapa sumber kepada Reuters.

Sayangnya sumber tersebut tidak mengklarifikasi apakah kelompok yang menanam ranjau darat itu berpakaian seragam.

Namun mereka memastikan mereka itu bukan pemberontak Rohingya.

Bangladesh secara resmi akan mengajukan protes atas penanaman ranjau darat yang dekat ke perbatasan negara itu, Rabu (6/9/2017).

Seorang penjaga keamanan Bangladesh, Manzurul Hassan Khan mengatakan terdengar dua leadakan dari wilayah Myanmar pada hari Selasa, (5/9/2017)

Diduga militer Muanmar saat itu baru saja menanam ranjau darat. Seorang anak lelaki menjadi korban ledakan itu. Kakinya terluka saat ia berada dekat lokasi pelintas batas negara.

Seorang pengungsi Rohingya yang berada di lokasi ledakan menyaksikan ranjau darat itu berbentul cakram logam berdiameter 10 sentimeter ditanam di dalam lumpur.

Beluma ada tanggapan resmi dari pihak pemerintah tentang ranjau darat yang meledak dekat perbatasan begitu juga tentang ranjau yang sengaja ditanam di perbatasan dengan Bangladesh.

(mia/pojoksatu)

Berita Rekomendasi

Feeds