Pria Tertua di Dunia Meninggal di Usia 113

Yisrael Kristal (Foto: Jerusalem Post)

Yisrael Kristal (Foto: Jerusalem Post)

POJOKSATU.id, WARSAWA –  Seorang pria tertua di dunia yang juga merupakan korban selamat dari peristiwa Holocaust meninggal dunia pada usia 113 tahun pekan ini.

Adalah Yisrael Kristal, Pria kelahiran Polandia itu meninggal pada hari Jumat (11/8), sebulan sebelum dia berusia 114 tahun.

Dilansir BBC, Kristal, yang tinggal di Haifa, Israel lahir di desa Zarnow, sekitar 90 mil (146km) barat daya Warsawa, pada tahun 1903.

Ia adalah putra dari seorang pemuka agama dan ia kehilangan ibunya selama Perang Dunia Pertama. Ia kemudian pindah ke Lodz untuk mengemban bisnis kembang gula keluarga.

Setelah invasi Polandia oleh Nazi Jerman pada tahun 1939, Kristal dan keluarganya dipindahkan ke ghetto Lodz.

Dua anaknya meninggal di sana dan ia beserta istrinya kemudian dikirim ke Auschwitz pada tahun 1944 setelah ghetto tersebut dilikuidasi.

Istri Kristal dibunuh di Auschwitz, namun dirinya berhasil selamat dan melakukan kerja paksa di kamp itu dan kamp lainnya.

Ia berhasil selamat saat ditemukan oleh tentara Sekutu pada Mei 1945. Pada saat itu beratnya hanya 37 kg.

Sebagai bentuk ucapan terimakasih, pada saat itu ia membuatkan tentara Soviet permen.

Ia kemudian beremigrasi ke Israel pada tahun 1950 dengan istri keduanya dan putra mereka, di mana dia terus menjalankan bisnis kembang gulanya sampai dia pensiun.

Kristal secara resmi diakui sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness Book of Records pada bulan Maret 2016.

(mel/rmol/pojoksatu)

Feeds