KPU Ungkap Serangan Hacker Terhadap Website Penghitungan Suara, Tiap Menit Diretas

Ilustrasi KPU

Ilustrasi KPU

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menjelang pleno hasil Pilkada Serentak 2018, laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendadak down serta tak bisa diakses. Penyebabnya lantaran adanya upaya peretasan dari sejumlah oknum.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, upaya peretasan website resmi KPU berlangsung terus-menerus. Bahkan, hampir setiap menit.

“Kalau downnya kan datang dan pergi. Sudah kita bersihkan naik, (down) lagi, nanti diserang lagi kita bersihkan lagi. Karena hampir setiap menit kita diserang,” kata Arief di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (30/6).

Arief menambahkan, akibat dari peretasan itu, pihaknya tidak menampik bahwa kinerjanya sedikit mengalami keterlambatan. Sehingga ia pun telah melakukan berbagai upaya untuk menangkal upaya peretasan itu.

“Kalau diserang macem-macem cara nangkalnya. Bisa langsung ditangkal atau bisa juga kita tutup (websitenya) dulu, terus penyakit-penyakitnya kita bersihkan dulu baru kita nyalakan lagi. Bisa on off gitu,” ungkapnya.

Kendati demikian, Arief menjamin tidak ada perbedaan data atau suara yang berubah selama website mengalami gangguan.

Dia meminta masyarakat untuk ikut memantau kinerja KPU dalam pelaksanaan rekapitulasi suara. Itu ditujukan agar publik dapat percaya dengan kinerja sistem website KPU.

“Saya menjamin tidak ada perubahan data. Kami minta supaya masyarakat tidak berburuk sangka. Prinsipnya kerja KPU adalah transparan dan penuh integritas. Sampai hari ini, proses penghitungan di Kecamatan itu terbuka,” pungkasnya.

(aim/jpc/pojoksatu)




loading...

Feedss