Dahsyat, Gak Nyangka Ternyata Ini yang Bikin Nasdem Menang di 11 Pilkada, PDIP Hancur!

Baliho Partai Nasdem. (Foto via inikata.com)

Baliho Partai Nasdem. (Foto via inikata.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sebelas kemenangan yang diraih Partai Nasdem dari 17 provinsi yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 lewat hasil hitung cepat alias quick count mengejutkan publik.

Partai yang dikomandoi Surya Paloh itu membuat kejutan dengan raihan fantastis melebihi partai-partai besar seperti Gerindra, PKB, PKS maupun partai penguasa PDIP.

Ada sejumlah indikator yang membuat NasDem berjaya pada pilkada serentak 2018 ini, di antaranya sosok Surya Paloh dan media pendukungnya yang membantu para calon gubernur mereka.

“PDIP saja takluk pada Nasdem,” jelas Jerry pengamat politik dari Indonesian Public Institute, Jerry Massie, Kamis (28/6/2018).

Berdasarkan hasil hitung cepat, Partai Nasdem meraih kemenangan di 11 provinsi. Pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang diusung Nasdem unggul di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Hasil yang sama juga terjadi di Papua, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Riau, Kalimantan Barat, dan Sumatera Selatan.

Sementara PDIP hanya unggul di 7 provinsi, yakni Bali, Jateng, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Sulsel.

“Meski berkoalisi dengan PDIP, Ini pukulan telak dari NasDem. 2019 akan sangat berat bagi PDIP dan Gerindra. Harus ada recovery and restore biar tampil perkasa nanti,” katanya.

(sam/rmol/pojoksatu)




loading...

Feedss