Kemenag Bikin Daftar 200 Dai Tepercaya, Habib Novel Sebut Lukman Hakim Tak Disukai Umat

Novel Bamukmin

Novel Bamukmin

POJOKSATU.id, JAKARTA – Daftar 200 nama Dai (penceramah) yang dirilis Kementerian Agama (Kemenag) terus memicu polemik. Terbaru, Habib Novel Bamukmin ikut angkat bicara.

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 itu balik menyuruh Mentari Agama Lukman Hakim Saifuddin berkaca sebelum mengeluarkan daftar 200 Mubalig tepercaya untuk memberikan dakwah.

Novel juga menyuruh Lukman memperbaiki diri lebih dulu sebelum mengurusi soal keagamaan.

“Kemenag dalam pengkotak-ngotakan mubalig justru tidak dapat simpati umat. Yang kami tahu menterinya saja tidak mendapatkan simpati dari umat,” kata Novel kepada JPNN.com, Minggu (20/5/2018).

Daftar 200 Dai Kemenag Mirip Proyek Cleaning Sevice

Menurut Novel, daftar 200 mubalig versi Kemenag itu bisa membuat ketidakpercayaan umat kepada pemerintah.

Terlebih, kata dia, mayoritas ulama yang diakomodasi Kemenag adalah mubalig yang isi dakwahnya memecah belah bangsa.

Ia pun merasa iba dengan ulama di luar 200 nama tersebut, yang disebutnya lebih istiqomah mengayomi umat.

“Dan lagi-lagi kami menyaksikan ulah Kemenag yang dipimpinya gagal paham. Ini sangat kental aroma diskriminasi politiknya,” tegasnya.

Namanya Tak Masuk Daftar 200 Penceramah, Begini Reaksi Ustaz Abdul Somad

Sebelumnya, Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman menilai penentuan Dai layak oleh Kemenag itu hanya berdasarkan selera satu orang, yakni Sekjen Kemenag Nur Syam.

Menurut Jajang, hal yang sama juga terjadi dalam penentuan pemenang proyek pemeliharaan gedung Kementerian Agama.

“Di mana setiap tahun proyek pemeliharaan gedung atau cleaning service selalu dimenangkan oleh PT Aldira Mitra Sejati,” kata Jajang melalui pesan elektronik kepada redaksi, Minggu (20/5/2018).

Jajang menambahkan, PT Aldira Mitra Sejati sangat beruntung sama halnya dengan 200 penceramah yang kebetulan masuk list Kemenag.

Hanya 200 Ulama Layak Ceramah, Menteri Agama Bakal Timbulkan Kebencian Baru

Sebab, Aldira Mitra Sejati beruntung karena menjadi langganan proyek cleaning service.

“200 penceramah yang masuk list juga dapat untung karena secara tidak langsung dipromosikan oleh Sekjen Kemenag,” jelasnya.

Dalam proyek pemeliharaan gedung atau cleaning service gedung Kemenag itu, jika diakumulasikan selama 3 tahun dari 2016 sampai 2018 mencapai Rp 17 miliar.




loading...

Feedss

Dahlan Iskan

Karena Orang Gemuk Lemaknya Putih

Oleh: Dahlan Iskan Sejumlah lalat dimasukkan dalam kotak percobaan. Suhu dalam kotak itu 40 derajat celsius. Beberapa lalat mati. Sejumlah …