PDIP Hantam Menteri Jokowi Gara-gara Soal Anggaran, “Anda Tak Sejalan Nawacita Presiden”

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

POJOKSATU.id, JAKARTA – PDIP mendukung rencana pemerintah yang ingin fokus mengalokasikan sebagian dana APBN 2019 untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh politisi PDIP, Darmadi Durianto di Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Anggota Komisi VI DPR RI ini menekankan dukungan tersebut bakalan dikonkretkan dengan usulan menaikan APBN 2019.

“PDIP akan perjuangkan APBN 2019 untuk naik sesuai arahan Presiden Jokowi,” kata Darmadi.

Meski demikian, dia sangat menyesalkan langkah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang malah berencana mengurangi anggaran untuk pengembangan SDM.

Hal itu kata dia tak sejalan dengan arahan Presiden Jokowi.

“Kita meminta agar Bappenas jangan mengusulkan penurunan anggaran fungsi pendidikan di kementerian Koperasi dan UKM, misalnya. Karena hal itu tidak sesuai arahan presiden dan tidak sejalan dengan Nawa cita presiden juga,” tandasnya.

Konsekuensi dari penurunan anggaran fungsi pendidikan di Kementerian Koperasi dan UKM itu, kata dia, bisa saja berimbas pada terhambatnya rencana presiden soal pengembangan SDM di 2019.

Konkretnya yaitu menurunkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Rasio kewirausahaaan akan menurun, dan penyerapan tenaga kerja, serta UKM juga terhambat.

“Karena kan tumbuhnya wirausaha akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Padahal dari mikro ke menengah, dan besar. Diperlukan pelatihan dan sertifikasi kompetensi,” demikian Bendahara Megawati Institute ini.

(sam/rmol/pojoksatu)




loading...

Feedss