Mendagri: Infrakstruktur Jokowi Tidak Harus Selesai dalam Setahun

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

POJOKSATU.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, membangun tidak seperti memasak mie instan. Ada kesinambungan.

Itulah pembangunan infrastruktur yang tengah dilakukan pemerintahan Joko Widodo.

Tjahjo menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur di daerah terluar seperti di Papua. Pembangunan tersebut meliputi percepatan infrastruktur ekonomi menyangkut jalan, irigasi, kelistrikan serta percepatan pembangunan infrastruktur sosial yang menyangkut puskemas serta ketersedian tenaga medis dan pasar pasar tradisional.

“Yang dicanangkan oleh Pak Jokowi sekarang tidak harus satu tahun selesai. Tapi meletakkan pondasi untuk bisa tiga tahun, bisa lima tahun, bisa 10 tahun,” ujar Tjahjo di sela acara Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2018 di Kabupaten Merauke, Papua, Senin (16/4).

Tjahjo mencontohkan, masyarakat di daerah perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Sota, Merauke Papua yang saat ini bisa mendapatkan pasokan beras dan bahan makanan lainnya. Dulunya mereka bisa disebut terisolir.

Bahkan masyarakat Papua Nugini yang tinggal di Skouw bisa mendapatkan beras dari Merauke.

“Papua Nugini enggak perlu mendatangkan beras dari Malaysia tapi cukup mengambil dari Merauke.
Jadi ada kepastian dengan percepatan ekonomi ini apa yang dibawa ke Merauke dan apa yang dikirim dari Merauke ke Jawa karena trans laut,” pungkasnya.

(wid/rm/pojoksatu)



loading...

Feedss