Uang Nasabah di Rekening BRI Hilang Misterius, Ternyata Ini Penyebabnya!

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSATU,id-Uang sejumlah nasabah di rekening BRI Kediri yang hilang misterius, dibenarkan pihak BRI Cabang Kediri Jawa Timur.

Menurut Pimpinan Cabang Bank BRI Cabang Kediri Dadi Kusnadi, mereka telah melakukan penelusuran penyebab hilangnya uang nasabah tersebut.

Untuk sementara ini, dugaannya adalah kejahatan perbankan dengan teknik skimming. Yaitu penyadapan data ATM nasabah melalui alat yang dipasang di mesin ATM. ”Sehingga pada saat dilakukan transaksi PIN-nya bocor,” duga Dadi.

Sebenarnya, lanjut Dadi, mereka sudah melakukan antisipasi adanya kemungkinan kejahatan dengan skimmer tersebut.

BACA : Gawat! Rekening BRI Dibobol, Uang Nasabah Hilang Misterius, Ada Transaksi Aneh

Tim ATM dari Bank BRI jauh sebelum kejadian sudah melakukan pembersihan dan penertiban. Melihat apakah ada hal-hal yang mencurigakan di mesin ATM. ”Sebagaimana diketahui skimmer itu kecil sekali. Maka kami selalu melakukan penertiban,” ungkapnya.

Terkait dengan kasus ini, Dadi mengatakan laporan nasabah yang uangnya hilang sebenarnya sudah ada sejak Jumat (9/3).

Namun, saat itu hanya beberapa orang. Sejak saat itu mereka sudah melakukan upaya penelusuran. Bila ditotal dengan yang melaporkan kemarin, jumlah nasabah yang uangnya hilang bisa mencapai puluhan orang.

Dadi menambahkan, ada kemungkinan pelaku adalah sindikat yang juga melibatkan orang di luar negeri.

Hal itu bisa diduga dari nominal uang yang terambil yang tidak bulat. Tapi ada pula angka di belakang koma. Namun, tetap saja kejahatan ini juga melibatkan orang lokal.

”Ketika dolar atau mata uang asing dikonversi menjadi rupiah, hasilnya memang tidak bulat,” terang Dadi.

 

(jpg/ysp/pojoksatu)




loading...

Feedss