Kembangkan Rumput Laut, ARLI Apresiasi Langkah KPP

Ilustrasi/foto via JPNN

Ilustrasi/foto via JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Langkah pemerintah dalam hal ini KKP dalam mengembangkan komoditas rumput laut diapresiasi oleh Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI).

Ketua ARLI Safari Azis mengatakan, pihaknya meminta agar KKP dapat memastikan rantai produksi dari hulu hingga hilir kondusif bagi dunia usaha.

“Di Kabupaten Bone, ARLI telah berhasil memfasilitasi anggotanya untuk memanfaatkan rumput laut di kabupaten hasil kerjasama dengan KKP dan pemerintah daerah dan telah berhasil melakukan ekspor perdana pada bulan Februari berupa alkali treated gracillaria (ATG) ke China. Kondisi kondusif seperti ini kami harapkan dapat terjadi di daerah lainnya,” ungkapnya.

Aziz juga mengingatkan bahwa semangat meningkatkan nilai tambah di sektor hilir harus berdampak juga bagi pembudidaya yang ada di sektor hulu.

Sebab, di era perdagangan bebas ini telah berlaku sistem rantai pasok dan rantai nilai global, termasuk rumput laut Indonesia, oleh karenanya industri hulu hingga hilir memiliki nilai masing-masing.

Untuk itu Azis berharap, pengembangan sektor hulu benar-benar menjadi perhatian pemerintah untuk menjamin pengembangan di sektor hilir.

Diantara langkah pengembangan sektor hulu yaitu melalui ekstensifikasi dan intensifikasi budidaya rumput laut dan hal ini sudah selaras dengan langkah-langkah yang dilakukan KKP.
Selanjutnya tinggal memastikan bahwa proses produksi di sektor hulu benar-benar ramah lingkungan untuk menjamin keberkelanjutan budidaya.

Sebelumnya, KKP mengungkapkan upayanya dalam memperkuat pengembangan berbagai komoditas budidaya mulai dari hulu hingga hilir, termasuk tata niaga dan pemasaran.

Direktur Jendral Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menuturkan, salah satu komoditas yang menjadi fokus KKP untuk terus dikembangkan adalah rumput laut.

(zul/pojoksatu)




loading...

Feedss