Pungli SIM, Begini Modus Kasat Lantas Polres Bekasi Kota

Kasat Lantas Polres Bekasi Kota AKBP I Nengah Adi Putra kena OTT Mabes Polri

Kasat Lantas Polres Bekasi Kota AKBP I Nengah Adi Putra kena OTT Mabes Polri

POJOKSATU.id – Korps Bhayangkara kembali tercorang. Kali ini dilakukan oleh Kasatlantas Polres Bekasi Kota AKBP I Nengah Adi Putra.

Nengah Adi ditangkap bersama salah satu anak buahnya, Kanit Regident AKP Hery Priyatno oleh anggota Divisi Propam Mabes Polri saat melakukan pungli.

Kini, kasusnya dilimpahkan ke Polda Metro Jaya untuk ditindaklanjuti.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan, kedua perwira menengah Polri itu menarik uang pungli dari proses pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Sebagai barang bukti, disita uang tunai Rp61 juta. Uang tersebut diketahui sebagian dari hasil pembuatan SIM kolektif yang diajukan biro jasa di Kantor Lantas Polres Bekasi Kota.

Masyarakat yang mengajukan pembuatan SIM akan dipermudah jika memberikan sejumlah uang di luar tarif resmi.

“Jadi yang bersangkutan pungli SIM, yaitu membuat SIM yang tidak sesuai prosedur,” ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (14/2).

Parah, Kasat Lantas Polres Bekasi Kota Lakukan Pungli Kena OTT Mabes Polri

Argo menambahkan, penangkapan terhadap Nengah Adi dan Hery itu berawal dari adanya informasi dari masyarakat.

Mereka mengaku kerap dipersulit untuk mendapatkan SIM di Kantor Satlantas Polres Bekasi Kota.

Agar lancar, para pemohon diminta memberikan ekstra uang tambahan di luar yang sudah ditentukan.

“Kemudian dilakukan pengintaian. Selanjutnya tim Propam menyita barang bukti uang tunai Rp61 juta dari laci meja yang bersangkutan,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengakui dua orang anak buahnya tertangkap pungli oleh tim Propam Mabes Polri.

Idham menjelaskan, Nengah Adi ditangkap karena melakukan pungli bersama AKP Hery Priyatno dengan barang bukti uang tunai hasil pungli Rp61 juta.

Uang tersebut disita dari laci meja Nengah Adi dan Hery.

“OTT oleh Propam Mabes dan yang bersangkutan sudah saya copot. Termasuk bawahannya itu,” ungkap Idham.

Pencopotan Nengah Adi itu sendiri tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) yang ditandatangani Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis bernomor ST/173/II/2018, tertanggal Selasa 13 Februari 2018 lalu.

Dalam surat telegram itu Kapolda Metro itu disebutkan kalau Nengah dimutasikan sebagai Perwira Menengah (Pamen) Pelayanan Masyarakat (Yanma) Polda Metro Jaya.

Posisinya sebagai Kasat Lantas Polres Bekasi Kota digantikan oleh AKBP Harry Sulistiadi yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabagbinopsnal) Ditlantas Polda Metro Jaya.

Sedangkan AKP Hery Priyatno juga dicopot dari jabatannya sebagai Kanit Regident Satlantas Polres Bekasi Kota digantikan AKP Agung Permana.

Download aplikasi PojokSatu.id dapat hadiah menarik setiap hari

(indopos/pojoksatu)


loading...

Feeds