Lifestyle Baru ala Netty Heryawan: Serba Produk Lokal!

Netty Heryawan di acara pameran bertajuk Pelangi Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Jl. Aceh no.66 Bandung. (FOTO : Humas Pemprov Jabar)

Netty Heryawan di acara pameran bertajuk Pelangi Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Jl. Aceh no.66 Bandung. (FOTO : Humas Pemprov Jabar)

POJOKSATU.id, Bandung – Pertumbuhan ekonomi di Indonesia maksimal mencapai 5%, sementara setiap 1%-nya hanya mampu menampung 250.000 tenaga kerja di sektor formal. Jika setiap tahun ada 3 juta angkatan kerja baru, dan yang tertampung hanya 1.250.000 tenaga kerja, kemana disalurkannya ke-1.750.000 angkatan kerja lainnya?

Hal inilah yang menurut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan menjadi pendorong sekitar 400.000 warga Jawa Barat bermigrasi ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Padahal, kata Netty, masih ada peluang untuk memberdayakan potensi diri bahkan masyarakat lain, yakni melalui industri kreatif.

Meski diakuinya bahwa resiko saling salip cukup tinggi, namun masih ada peluang bertahan melalui event pameran seperti yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI).

Untuk kelima kalinya, ASEPHI menggelar pameran bertajuk Pelangi Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Jl. Aceh no.66 Bandung.

Pameran ini dimulai pada Rabu (06/12/2017) hingga tanggal 10 Desember 2017 mendatang.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) ASEPHI Jawa Barat Hedi Yamasari mengungkapkan, pameran ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para pengrajin dan pelaku usaha industri kreatif.

Terbukti sukses, awal pameran ini hanya memiliki 44 stand, sementara kali ini jumlahnya melonjak hingga 111 stand.

“Dulu di PVJ (Mall Parisj Van Java Bandung) hanya 44 peserta saja, tapi sekarang ada 111 stand dari berbagai daerah. Karya kita tidak kalah dari karya luar (negeri). Jangan patah semangat!”, kata Hedi.


Feeds