Heboh ‘Surat Sakti’ Fadli Zon Terkait Pemeriksaan Setya Novanto untuk KPK, Ini Isinya

Fadli Zon

Fadli Zon

POJOKSATU.id, JAKARTA – Publik dihebohkan dengan surat pimpinan DPR kepada KPK terkait pemeriksaan Ketua DPR RI Setya Novanto atas kasus korupsi E-KTP.

Banyak pihak yang menilai, surat itu tidak lain adalah ‘surat sakti’ yang memiliki tujuan tertentu.

Namun, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon buru-buru memberikan klarifikasi dan tanggapan terkait simpang siurnya pemberitaan tersebut.

Ia pun menegaskan bahwa surat itu hanyalah surat biasa dan sekadar meneruskan pengaduan atau aspirasi anggota masyarakat kepada instansi terkait.

“Karena aspirasi dan pengaduan yang disampaikan terkait ranah kewenangan KPK, maka aspirasi itu kemudian diteruskan kepada KPK,” kata Fadli, Kamis (14/9).

Gedung KPK di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan

Gedung KPK di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan

Hanya, lanjut dia, karena kebetulan pengadunya adalah Setya Novanto, tanggapan mengenai surat itu akhirnya jadi perhatian dan ditafsirkan beragam.

Malah, Fadli Zon mempersilahkan untuk membuka dan membaca isi surat tersebut.

“Tidak benar jika surat itu dianggap ingin mengintervensi KPK. Meneruskan surat adalah salah satu pekerjaan rutin dalam rangka menyampaikan aspirasi masyarakat,” tegasnya.

Fadli mengaku, sebagai pimpinan DPR, drinya biasa menerima pengaduan masyarakat, baik yang disampaikan melalui audiensi, korespondensi, sidak, atau kunjungan lapangan maupun yang diterima melalui komisi dan fraksi.

“Kemudian akan diteruskan kepada instansi dan lembaga-lembaga terkait, apakah kementerian, polisi, kejaksaan, dan lain-lain,” tambahnya.


Feeds