Karena 8 Alasan Inilah Setya Novanto Harus Ditahan

Setya

Setya

POJOKSATU,id-Ketua DPR RI, Setya Novanto resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) pada 17 Juli 2017.

Ketua Umum Partai Golkar itu diduga terlibat dalam korupsi proyek penggadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Novanto diduga ikut mengakibatkan kerugian negara hingga Rp2,3 triliun dari nilai proyek Rp. 5,9 triliun.

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 atay 1 undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Berdasarkan kasus tersebut berikut adalah 8 alasan kenapa Steya Novanto harus ditahan :

1. Kasus korupsi E-KTP merupakan perkara korupsi dengan kerugian negara terbesar yang ditangani oleh KPK. Setidaknya Rp. 2,3 truliun uang negara hilang karena dikorupsi dalam proyek ini.

2. Kasus ini tidak hanya diduga melibatkan Setya Novanto, tetapi juga banyak anggota DPR RI lainnya. Menurut KPK, sekurangnya 59 anggota DPR dianggap diuntungkan atas korupsi E-KTP.

3. Skandal korupsi E-KTP yang melibatkan banyak pihak ini juga membuat situasi politik menjadi gaduh. Karena diduga menyeret banyak anggota DPR, maka Pansus Angket KPK dibentuk sebagai perlawanan terhadap kerja KPK.


loading...

Feeds