Siap-siap Lebih Sakit Hati, Ada Skenario First Travel Bakal Dipailitkan?

Andika Surachman Siregar, Anniesa Desvitasari Hasibuan. Kiki Hasibuan

Andika Surachman Siregar, Anniesa Desvitasari Hasibuan. Kiki Hasibuan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Para calon jemaah umrah korban First Travel bisa jadi makin menemui nasib tak jelas setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengabulkan gugatan biro perjalanan tersebut.

Hal itu berkenaan dengan gugatan perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) perusahaan milik pasangan Andika Surachman Siregar dan Anniesa Desvitasari Hasibuan.

Sidang yang dipimpin hakim John Tony Hutauruk itu menilai First Travel tak bisa melunasi utang terhadap calon jemaah atau kreditur yang telah membayar untuk berangkat umrah.

Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tongan L. Tobing menduga, hasil akhir sidang tersebut nantinya bakal mempailitkan perusahan itu.

Meski begitu, ia memilih untuk menunggu dan menghormati proses hukum pidana di Bareskrim Polri.

“Bareskrim sudah menyita aset-asetnya sehingga nanti tergantung keputusan pengadilan nanti. Kemudian nasabah juga sudah mengajukan PKPU dan mungkin pailit nanti di pengadilan,” ujar Tongan saat media gathering di Bogor, Sabtu (9/9).

Salah satu keyakinanna bahwa nantinya First Travel akan dipailitkan itu dikarenakan perusahaan itu tak memiliki aset yang cukup untuk dapat melunasi kerugian korban-korbannya.

Ia menyebut, nilai aset yang dimiliki pasangan tersebut, sangat jauh dari kewajibannya, yakni membayar kerugiaan calon jemaah.

“Mereka sudah menghambur-hamburkan uang sehingga asetnya sangat tidak bisa meng-cover kewajibannya,” katanya.



loading...

Feedss