X

Aksi Polisi Gerebek Pesta Seks Gay di Kepala Gading Malah Diprotes 6 Lembaga Ini, Kenapa?

    Categories: Nasional

Polisi gerebek 144 pria pesta seks sesama jenis alias homo

POJOKSATU.id, JAKARTA – Koalisi Advokasi yang terdiri dari beberapa lembaga hukum mengecam keras tindakan polisi gerebek pesta seks kaum gay di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Tim Koalisi Advokasi  terdiri dari LBH Jakarta, LBH Masyarakat, LBH Pers, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), YLBHI, dan Arus Pelangi.

Mereka menyayangkan tindakan polisi yang memotret pelaku tanpa busana.

Foto-foto itu akhirnya beredar luas di media sosial.

“Penangkapan ini adalah preseden buruk bagi kelompok minoritas gender & seksual lainnya,” kata Tim Advokasi, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Oleh sebab itu, Tim Koalisi Advokasi untuk Tindak Kekerasan terhadap Kelompok Minoritas Gender dan Seksual meminta kepolisian untuk dipulihkan nama baik yang bersangkutan.

Ada tiga poin yang menjadi perhatian mereka:

  1. Tidak menyebarkan data peribadi korban, karena ini adalah bentuk ancaman kemanan bagi korban dan pelanggaran hak privasi setiap warga Negara.
  2. Tidak menyebarluaskan foto dan atau informasi lain yang dapat menurunkan derajat kemanusiaan korban.
  3. Memberikan hak praduga tak bersalah bagi korban dan bila korban dinyatakan tidak bersalah untuk segera dibebaskan dan dipulihkan nama baiknya.

Sebelumnya Tim Gabungan polisi yang dipimpin AKBP Nasriadi menggerebek aktivitas pesta seks sesama jenis di sebuah ruko inkopal dan Fitnes Atlantis.

Kegiatan itu berbalut event bertajuk The Wild One yang melibatkan 141 pria gay. Mereka melakukan aktivitas homoseksual di dalam even tersebut dengan hanya mendaftar 185 ribu rupiah saja.

 

(fir/pojoksatu)