Menelisik Penyebab Menurunnya Performa Lukaku, Lacazette dan Morata

Alexandre Lacazette (Arsenal), Alvaro Morata (Chelsea) dan Romelu Lukaku (Man United). (telegraph)

Alexandre Lacazette (Arsenal), Alvaro Morata (Chelsea) dan Romelu Lukaku (Man United). (telegraph)

POJOKSATU.ID, MANCHESTER–Jendela transfer musim panas lalu ditandai dengan perekrutan tiga bomber kelas wahid oleh tiga raksasa Premier League. Manchester United merkerut Romelu Lukaku, Chelsea kedatangan Alvaro Morata dan Arsenal mendaratkan Alexandre Lacazette ke Emirates.

Kedatangan tiga marquee player ini langsung menghentak di awal musim dengan sama-sama mencetak gol di laga debut. Gol demi gol lahir dari ketiga pemain ini pada pekan-pekan berikutnya.

Bahkan di akhir September, Lacazette mencetak brace, Morata hattrick dan Lukaku konsisten mencetak gol di setiap laga. Tapi memasuki Oktober sampai pertengahan Januari ini, performa mereka menurun. Merkea kini mengalami masa paceklik gol.

Lukaku sudah 257 menit tidak pernah membobol gawang lawan di Premier League. Hanya tiga gol dihasilkan dalam 14 penampilan terakhirnya. Morata tanpa gol dalam 205 menit terakhir di lapangan. Dalam delapan laga terakhir hanya dua kali membobol jala lawan.

Prediksi 10 Pertandingan La Liga Jornada 19

Lebih parah Lacazette. Total sudah 529 menit penyerang Arsenal itu paceklik gol. Nama penyerang Timnas Prancis itu tidak lagi menghiasi papan skor dalam delapan penampilan terakhirnya di semua kompetisi.

Grafik gol Lukaku, Lacazette dan Morata. (Telegraph)

Menariknya, penurunan performa Lukaku, Morata dan Lacazette hampir bersamaan. Dan hingga kini ketiganya sama-sama masih sulit kembali ke performa di awal musim. Ada apa?

1. Romelu Lukaku (Manchester United)

Romelu Lukaku - Manchester United (abcnews.com)

Romelu Lukaku – Manchester United (abcnews.com)

Sebuah gol ke gawang Derby di ajang Piala FA pekan lalu memberi harapan baru bagi Lukaku bisa kembali ke performa terbaiknya. Penyerang Timnas Belgia itu direkrut untuk memberikan perbedaan dalam permainan MU, utamanya saat menghadapi tim yang lebih rendah secara kualitas.

Sejatinya, Lukaku sering melakukan tugas itu dengan baik. Sebut saja ketika melawan Bournemouth dan West Brom, serta CSKA Moscow di Liga Champions.

Jika mencermati tugas Lukaku di lapangan, eks Everton itu sepertinya mengemban tugas berlebih. Ia kerap turun ke tengah lapangan menjemput bola dan tak lagi jadi poacher yang hanya menunggu umpan untuk dituntaskan menjadi gol.

Secara tim bagus untuk membantu pertahanan, tapi konsekuensinya Lukaku tampak kelelahan dan tugas utamanya jadi berantakan.

Sejak golnya terakhirnya di Premier League, di Hawthorns pada tanggal 17 Desember, Lukaku hanya mendapat empat peluang emas. Atau rata-rata hanya satu peluang dalam setiap 64 menit dan tak satu pun tepat sasaran. Padahal sebelum gol ke gawang West Brom itu, Lukaku selalu melakukan tembakan setiap 27 menit.

Mantan Gelandang Real Madrid Ini Suatu Saat Ingin Tukangi Liverpool

Mourinho memiliki cukup banyak pilihan di depan untuk memberikan kesempatan istirahat kepada Lukaku. Istirahat yang bisa menyegarkan fisik dan mengembalikan performanya. Tampaknya ini yang harus dilakukan The Special One.

2. Alexandre Lacazette (Arsenal)

Alexandre Lacazette - Striker Arsenal (thesun.co.uk)

Alexandre Lacazette – Striker Arsenal (thesun.co.uk)

Kombinasi Lacazette dengan Mesut Ozil dan Alexis Sanchez di awal musim begitu menjanjikan. Mereka seperti trio penyerang yang bisa membuat Arsenal menaklukkan tim manapun.

Anehnya, kekompakan itu tidak berlangsung lama. Isu kepindahan Sanchez juga membuat penampilan parner Lacazette itu menjadi tidak konsisten. Imbasnya selain ke tim, juga bagi Lacazette sendiri.

Secara kolektif, Lacazette tetap ancaman di lini depan Arsenal. Dia mampu menciptakan beberapa assist penting dalam beberapa pekan terakhir. Seperti dalam kemenangan 3-2 di Crystal Palace dan hasil imbang 3-3 dengan Liverpool.

Shot on goal Lacezette juga masih sesering sebelumnya. Sayang gol tak lagi tercipta.

Lacazette kurang efektif di depan gawang sepanjang musim dibanding Lukaku dan Morata jika melihat peluang emas yang diperoleh dengan gol yang dihasilkan.

Eks Lyon itu harusnya mencetak 9,79 gol dari peluang yang dimiliki musim ini. Faktanya ia hanya mencetak delapan gol. Morata mencetak 10 gol, sama persis dengan jumlah peluang yang diperolah.

Grafik gol dan peluang yang diperoleh Lukaku, Lacazette dan Morata. (Telegraph)

Fakta ini mungkin menjelaskan kalau Lacazette bukanlah bomber kelas dunia seperti yang diharapkan Arsenal ketika merekrutnya pada musim panas lalu. 10 jam tanpa gol tentu jadi catatan kurang bagus bagi striker seharga 50 juta pound.

Cedera Olivier Giroud dan isu kepindahan Sanchez membuat Lacazette harus menunjukkan diri bisa jadi andalan di lini depan The Gunners. Beban yang berat memang. Apalagi ini musim pertamanya di Liga Inggris.

3. Alvaro Morata (Chelsea)

susunan pemain chelsea vs watford, chelsea vs watford, chelsea, watford

Alvaro Morata (Chelsea).

Jika melihat bagaimana Antonio Conte memperlakukan Morata, penyerang Timnas Spanyol ini harusnya tidak memiliki kendala dalam mencetak gol. Bermain bersama gelandang kreatif seperti Cecs Fabregas, Eden Hazard ditugaskan sebagai pelayan di belakang Morata. Waktu bermain pun dibatasi dengan selalu menyiapkan Michy Batshuayi sebagai pengganti.

Faktanya, Morata tidak setajam di awal musim. Minim gol yang pasti akan memengaruhi pikiran dan mentalnya di lapangan. Kombinasinya dengan Cesar Azpilicueta, yang telah memberinya enam assist, tak lagi terlihat.

Galau, Eden Hazard Siap buat Kontrak Baru dengan Chelsea

Konon, dia terlihat lelah dan bermasalah saat ini, mungkin karena upaya adaptasi dengan musim pertamanya tanpa liburan musim dingin, di iklim yang lebih dingin daripada yang pernah dia jalani sebelumnya.

Ada juga fakta bahwa ini adalah musim pertama dalam karirnya di mana dia menjadi pilihan utama untuk posisi striker. Berbeda ketika di Real Madrid dan Juventus. Tentu saja fans Chelsea berharap Morata bisa melepaskan segala beban di pikirannya dan mengakhiri masa paceklik gol.

(fat/pojoksatu)



loading...

Feedss