Niat Jenguk Warga Sakit, Truck Ini Malah Terguling. Dua Tewas Puluhan Luka!

Salah satu korban truk terguling di Grobogan Jawa Tengah saat dievakuasi petugas.

Salah satu korban truk terguling di Grobogan Jawa Tengah saat dievakuasi petugas.

POJOKSATU,id-Kecelakaan maut terjadi di Jalan Penawangan-Karangrayung, Desa Wolo, Penawangan, Grobogan, Jawa Tengah, kemarin sore.

Truk engkel yang memuat 40 penumpang dengan nomor polisi K 1472 JP ini, oleng dan menabrak sepeda motor Yamaha Mio nomor polisi K 4160 MF.

Motor itu, dikendarai Chandra Anwar Habib, 37, warga Desa Mojoagung, Karangrayung. Truk pun akhirnya terbalik.

Dua penumpang meninggal dunia, Suwadi, 65, dan Sutiyah, 50, warga RT 1/RW 1, Desa Sambung, Godong. Keduanya meninggal akibat tertindih badan truk. Selain itu, ada belasan penumpang kritis dan puluhan mengalami luka ringan.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.00. Saat itu, rombongan dari RT 1/RW 1, Desa Sambung, Godong, akan menjenguk warga yang sakit di Dokter Kusnadi, Penawangan.

Rombongan berangkat sekitar pukul 15.30. Sesampainya di lokasi kejadian, truk engkel yang dikemudikan Kurniawan, 35, warga Desa Sambung, Godong, itu melaju kencang dari arah timur ke barat. Kemudian oleng ke kiri dan keluar dari jalan.

Karena kondisi bahu jalan tinggi, truk naik ke kanan dan akhirnya menabrak sepeda motor Mio dari arah depan. Truk menabrak pohon pisang hingga akhirnya terbalik. Puluhan penumpang terlempar dan tertindih truk. Dua penumpang Suwadi dan Sutiyah meninggal di tempat.

Sedangkan puluhan penumpang lain luka ringan dan berat dilarikan ke RS Yakkum Purwodadi, RSUD R Soedjati, dan Klinik Dokter Kusnadi Penawangan. Sebagian lainnya dilarikan ke klinik di Kecamatan Karangrayung.

Bambang Puji, 50, warga Desa Sambung, Godong, mengatakan, warga di desanya memang sering menjenguk orang sakit menggunakan truk engkel. Sebab, lebih murah menggunakan bus.

Selain itu, budaya warga desa bila ada satu warga opname di rumah sakit, satu kampung ikut menjenguk semua. ”Yang ikut ini mayoritas orang tua dan ada anak-anak,” terangnya.

Terpisah, Kanit Laka Satlantas Polres Grobogan Iptu Chandra mengatakan, penyebab kecelakaan karena truk oleng ke kiri dan keluar bahu jalan. Kemudian truk naik lagi ke bahu jalan dan oleng ke kanan. Akhirnya menabrak sepeda motor yang melintas di depannya.

”Truk terbalik dan penumpang tumpah. Ada dua korban meninggal dan lainnya luka ringan hingga,” jelasnya.

Saat kejadian jalan dalam kondisi sepi. Jadi, memberi kesempatan truk melaju kencang, sebelum kecelakaan. Kasus ini masih dalam penyelidikan.

Sopir truk sudah diamankan untuk dimintai keterangan. Petugas Satlantas Polres Grobogan yang mendapatkan laporan ini, langsung mengevakusi korban dan membawa ke rumah sakit.

(ysp/pojoksatu)


loading...

Feeds