Siapa Bisa Gantikan Coutinho di Liverpool? 3 Pemain Ini Kandidat Kuat

Barcelona dan Liverpool diyakini sudah sepakat soal nilai transfer Coutinho. (@pipesierrar)

Barcelona dan Liverpool diyakini sudah sepakat soal nilai transfer Coutinho. (@pipesierrar)

POJOKSATU.ID, LIVERPOOL–Saga transfer Philippe Coutinho pada musim dingin ini saban hari menghiasi berita utama di sejumlah media Eropa. Playmaker 25 tahun itu diyakini akan segera meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Barcelona.

Sejatinya, Liverpool berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan pemain berkebangsaan Brasil itu. Namun The Reds tampaknya sulit menolak tawaran fantastis dari Barcelona yang diperikrakan pada kisaran 140 juta euro.

Jika Coutinho jadi hengkang ke Barcelona tentu akan jadi kehilangan besar bagi raksasa Premier League itu. Maklum, sejak bergabung dari Inter Milan pada Januari 2013, Coutinho langsung menjadi pemain kunci.

Cetak Gol Lalu Dikartu Merah, Comeback Diego Costa di La Liga

Musim pertamanya saja (setengah musim), Coutinho langsung memberikan 5 assist dan 3 gol. Total pemain yang mengawali karirnya di klub Brasil, Vasco de Gama itu sudah membukukan 48 gol dan 39 assist dari 176 penampilan bersama Liverpool.

Melihat perkembangan di lantai bursa transfer, wajar jika Liverpool kasak kusuk mencari calon pengganti Coutinho. Sebab sang pemain sudah hampir pasti berlabuh ke Camp Nou.

Lalu siapa yang pantas menggantikan Coutinho? Dengan dana segar hasil penjualan sang pemain, Liverpool sebenarnya tinggal memilih siapa yang mau didatangkan.

Namun pertanyaannya, apakah pemain yang akan direkrut nanti sepadan dengan Coutinho. Standar tinggi yang sudah ditorehkan Coutinho membuat Liverpool harus benar-benar selektif di bursa transfer.

Dalam hal ini Liverpool mencari pemain yang bisa dimainkan sebagai salah satu gelandang tengah atau winger dalam formasi 4-3-3. Atau sayap kiri dalam formasi 4-2-2. Dua formasi ini sering digunakan secara bergantian selama Jurgen Klopp menangani Liverpool.

DEAL!!! Barcelona dan Liverpool Sepakat Soal Harga Coutinho

Berikut ini Pojoksatu.id, mengulas profil tiga pemain yang disebut-sebut kandidat kuat pengganti Coutinho:

3. Julian Draxler (Paris Saint-Germain)

Julian Draxler - Paris Saint-Germain (thetimes.co.uk)

Julian Draxler – Paris Saint-Germain (thetimes.co.uk)

Julian Draxler sudah dikatikan dengan Liverpool pada Januari tahun lalu. Namun kala itu ia memliih bergabung dengan PSG. Setengah musim pertamanya bersama raksasa Prancis itu, Draxler langsung jadi pemain andalan.

Tapi seiring kedatangan Neymar dan Kylian Mbappe, waktu bermain Draxler semakin berkurang.

Kebetulan Klopp sangat menyukai gaya bermain pria 24 tahun ini. Situasi Draxler di PSG bisa dimanfaatkan Liverpool untuk memboyongnya ke Anfield.

Draxler memiliki kemampuan drible bola dan sepakan jarak jauh yang mendekati (jika tidak bisa disebut sama) kemampuan Coutinho. Pemain Timnas Jerman ini juga piawai dalam mengeksekusi bola mati.

Jika Draxler mengisi satu slot dari tiga penyerang Liverpool, tentu akan jadi ancaman bagi siapapun lawan The Reds.

2. Riyad Mahrez (Leicester City)

mahrez ke roma, riyad mahrez, as roma, berita transfer

Riyad Mahrez, Leicester City.

Musim lalu, Mahrez memang tampil tak sebagus musim sebelumnya kala Leicetser jadi kampiun. Tapi musim 2017/2018 ini, penampilan Mahrez seolah sudah kembali.

Dari 21 caps di Premier League musim ini, Mahrez sudah mencetak 7 gol dan 7 assist. Kembalinya performa pemain asal Aljazair ini membuat sejumlah klub top Eropa kembali meliriknya, termasuk Liverpool.

Bergabung dengan klub yang bermarkas di Anfield Stadium itu tampaknya akan jadi pilihan sempurna bagi 26 tahun itu.

Mahrez juga memiliki kesamaan tipe dengan Coutinho. Pandai membaca permainan, mengirim umpan-umpan kunci dan tentu saja bisa menjadi penuntas serangan menjadi gol.

Kelebihannya, Mahrez bisa bermain sebagai sayap kiri maupun kanan dalam barisan penyerang. Tapi ia tidak pernah dimainkan sebagai pemain tengah dalam formasi 4-3-3.

1. Thomas Lemar (AS Monaco)

Thomas Lemar (AS Monaco).

Monaco melakukan penjualan besar-besaran setelah menjuarai Ligue 1 musim lalu, juga menembus semifinal Liga Champions. Benjamin Mendy, Bernardo Silva, Tiemoué Bakayoko, dan Kylian Mbappe adalah para pemain pilar Monaco yang hengkang.

Tapi ada satu pemain kunci yang bertahan, Thomas Lemar. Pemain berkebangsaan Prancis ini sudah dikaitkan dengan Liverpool dan Arsenal pada musim panas lalu. Tapi kepindahannya tak kunjung terwujud.

Memasuki jendela transfer musim dingin tahun ini, rumor kepindahan Lemar kembali menguap.

Lemar mencetak 9 gol dan 10 assist musim lalu, hampir sama dengan kontribusi Coutinho bagi Liverpool, 13 gol dan 7 assist. Dengan skil yang dimiliki, Lemar dinilai sangat layak menggantikan peran Coutinho di Liverpool.

Kelebihan Lemar dari dua kandidat sebelumnya adalah usianya yang baru 22 tahun. Mendatangkan Lemar akan jadi prospek masa depan bagi Liverpool.

Harga 90 juta pound yang dipatok Monaco sepertinya wajar jika melihat kemampuan drible, umpan dan shooting jarak jauh Lemar.

Menariknya, Lemar bisa bermain di semua posisi yang biasa dimainkan Coutinho. Playmaker dalam formasi 3 gelandang atau winger kiri dalam formasi 4-3-3 ataupun 4-4-2.

Well, menarik ditunggu siapa dari tiga pemain ini yang direkrut Liverpool sebagai pengganti Coutinho.

(fat/pojoksatu)


loading...

Feeds