Kaleidoskop 2017 MotoGP: Marquez Tak Terbendung dan Rossi yang Kian Menua

Marc Marquez - Juara dunia MotoGP 2017 (motosport.com)

Marc Marquez - Juara dunia MotoGP 2017 (motosport.com)

POJOKSATU.ID, JAKARTA–Balapan paling seru di dunia, MotoGP pada musim 2017 berlangsung seru nan sengit sepanjang musim. Sebanyak 18 seri yang digelar diwarnai persaingan ketat para rider papan atas.

Namun balapan MotoGP 2017 sepertinya semakin menegaskan kalau Valentino Rossi sudah semakin menua dan kesulitan bersaing dengan rider yang lebih muda. Seperti Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Bahkan nama terakhir mulai menggeser dominasi Rossi di MotoGP dengan meraih gelar juara dunia kedua secara beruntun.

MotoGP musim 2017 diawali di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 26 Maret 2017. Semua mata tertuju pada pebalap anyar Yamaha Movistar, Maverick Vinales.

Alasan PSM Makassar Menolak Jadi Salahsatu Host Piala Presiden 2018

Rekan setim Rossi itu dijuluki ‘Alien’ beberapa pekan sebelum kampanye MotoGP 2017 dimulai. Ia melewati sesi uji coba musim dingin dengan mulus dan membuatnya begitu percaya diri menunggangi Yamaha M1 yang baru.

Vinales mulai dipuja-puja usai memenangi race pembuka itu. Finis terdepan, disusul Andrea Dovizioso dan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi satu setengah detik di belakangnya.

Sementara juara bertahan Marc Marquez sepertinya belum menemukan setelan terbaik untuk motor Honda RC213V dan hanya mampu finis ke-4.

Ronaldo Siap Tahbiskan Jadi yang Tersubur di El Clasico

Tak kalah memukau adalah pebalap rookie, Johann Zarco. Pebalap tim Monster Yamaha Tech itu sempat membuat persaingan di barisan depan. Sayang Zarco sepertinya terlalu percaya diri dalam debutnya dan berakibat fatal. Ia harus keluar lintasan dan gagal menyelesaikan balapan.

Seri kedua di Termas de Río Hondo, Argentina pada 9 April kembali jadi milik Vinales. Ia menang mudah dengan finis hampir tiga detik lebih cepat dari Rossi. Pebalap asal Inggris, Cal Crutchlow (LCR Honda) melengkapi tiga pebalap yang naik podium.

Termas De Rio Hondo juga menjadi saksi bagaimana perjuangan Jorge Lorenzo yang baru pindah dari Yamaha ke Ducati, harus terseret keluar lintasan. Lorenzo meluncur ke kerikil di tikungan pertama.

Andrea Dovizioso. instagram@andreadovizioso

Andrea Dovizioso. [email protected]

MotoGP Argentina tidak bagus bagi pebalap Ducati karena Dovizioso juga gagal finis setelah hanya mampu menyelesaikan 11 lap sebelum terjatuh.

Nasib nahas juga dialami Marquez. Setelah mengamankan pole position, dia melakukan start bagus tapi harus menyerahkan pimpinan balapan ke Vinales setelah melewati 22 lap.

Rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa sudah lebih dulu terlempar dari lintasan, saat balapan baru memasuki lap ke-12.

Barulah di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, Marquez mulai menunjukkan tajinya. Pebalap Spanyol itu memiliki catatan sempurna. Start terdepan dan finis tercepat di depan Rossi dan Pedrosa. Sementara Vinales terjatuh saat balapan memasuki lap 20.

Zarco sekali lagi membuat pecinta MotoGP terkesan. Pebalap asal Prancis membuat Rossi kerepotan, meski faktor pengalaman membuat Rossi mampu nanik podium, sementara Zarco hanya finis kelima.

Lorenzo mulai menunjukkan perbaikan di Austin dengan finis di posisi sembilan.
Pedrosa juga berhasil menebus kesalahannya di Argentina dengan membuat Repsol Honda meraih podium ganda untuk pertama kalinya pada musim 2017 ini.

Pedrosa melanjutkan performa apiknya di Sirkuit Jerez, Spanyol. Tiga sesi latihan dilahapnya dengan mulus. Pebalap tuan rumah itu juga merebut pole position.

Dan untuk hasil balapan di Jerez, Pedrosa melewati garis finis enam detik di depan rekan setimnya, Marc Marquez. Sementara Lorenzo akhirnya meraih podium pertamanya berssama Ducati di kandang sendiri dengan finis ketiga.

MotoGP Jerez juga diwarnai insiden antara Jack Miller dan Alvaro Bautista. Setelah dilakukan investigasi, Miller dianggap bersalah dan dikenai denda 1.000 euro.

Vinales mengawali balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis di posisi terdepan. Sayang rekan setimnya, Rossi gagal. Pebalap asal Italia itu sudah harus keluar lintasan saat baru menuntaskan satu lap. Rossi pun gagal mengejar kemenangan pertamanya di Prancis sejak 2008.

Sementara Zarco yang tampil di kandang sendiri membuat penonton puas dengan finis kedua. Lalu Pedrosa tetap tampil mengesankan dengan finis ketiga.

Sirkuit Mugello adalah tempat di mana Dovizioso benar-benar mulai menunjukkan betapa dia menginginkan gelar juara dunia tahun ini.

Dovi memenangi persaingan ketat dengan Vinales dan Danilo Petrucci yang finis kedua dan ketiga. Dovi pun menjadi pebalap Italia pertama yang memenangi GP Italia sejak 1974.

Marquez sendiri berjuang keras untuk bisa naik podium, tapi hanya bisa finis di posisi 6.

Sejak saat itu, Marquez dan Dovizioso silih berganti memenangi balapan. Hanya Rossi di Assen dan Pedrosa di Valencia yang ‘mengganggu’ persaingan keduanya.

karir marquez, marc marquez, MotoGP, juara motogp 2017

Marc Marquez merayakan gelar juara dunia MotoGP 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017) malam WIB. (Motogp.com)

Puncaknya adalah pertarungan di seri pamungkas di Valencia. Akhir cerita yang menyedihkan bagi Dovizioso karena harus tergelincir saat baru melewati 5 lap.

Meskipun Pedrosa yang memenangkan balapan, Marquez tetap meraih gelar juara dunia keenamnya pada usia 24 tahun.

Klasemen akhiri MotoGP 2017:

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 298
2 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 261
3 Maverick VIÑALES Yamaha SPA 230
4 Dani PEDROSA Honda SPA 210
5 Valentino ROSSI Yamaha ITA 208
6 Johann ZARCO Yamaha FRA 174
7 Jorge LORENZO Ducati SPA 137
8 Danilo PETRUCCI Ducati ITA 124
9 Cal CRUTCHLOW Honda GBR 112
10 Jonas FOLGER Yamaha GER 84
11 Jack MILLER Honda AUS 82
12 Alvaro BAUTISTA Ducati SPA 75
13 Andrea IANNONE Suzuki ITA 70
14 Scott REDDING Ducati GBR 64
15 Aleix ESPARGARO Aprilia SPA 62
16 Alex RINS Suzuki SPA 59
17 Pol ESPARGARO KTM SPA 55
18 Loris BAZ Ducati FRA 45
19 Tito RABAT Honda SPA 35
20 Karel ABRAHAM Ducati CZE 32
21 Bradley SMITH KTM GBR 29
22 Hector BARBERA Ducati SPA 28
23 Michele PIRRO Ducati ITA 25
24 Mika KALLIO KTM FIN 11
25 Sam LOWES Aprilia GBR 5
26 Katsuyuki NAKASUGA Yamaha JPN 4
27 Sylvain GUINTOLI Suzuki FRA 1
28 Michael VAN DER MARK Yamaha NED
29 Takuya TSUDA Suzuki JPN
30 Hiroshi AOYAMA Honda JPN
31 Broc PARKES Yamaha AUS

Balapan MotoGP 2018 akan kembali digelar dalam beberapa bulan ke depan dengan komposisi pebalap tidak banyak berubah. Pasalnya, rata-rata pebalap top masih memiliki kontrak setahun lagi bersama timnya saat ini.

Tercatat ada empat pebalap berstatu rookie tahun depan. Xavier Simeon di Avintia Ducati menggantikan Loris Baz, Takaaki Nakagami di Honda LCR kedua. Sementara Honda Marc VDS menggunakan dua pebalap anyar yang juga penguasa Moto2 musim 2017, Thomas Luthi (runner up) dan Franco Morbidelli (juara).

Jack Miller akan pindah ke tim Ducati Pramac untuk menggantikan Brit Scott Redding, yang pindah ke Aprilia dengan mengorbankan rekan senegaranya, Sam Lowes, yang akan kembali turun ke Moto2.

Test rider KTM, Mika Kallio telah dikonfirmasi mendapat wildcard untuk empat seri; Sachsenring, Red Bull Ring, Aragon dan Valencia sebagai jalan mendapat tempat permanen untuk musim 2019.

Sulit memprediksi bagaimana sengitnya persaingan para pebalap pada MotoGP 2018. Pastinya, Marc Marquez akan berusaha meraih gelar ketujuh, sementara Jorge Lorenzo akan mencari kemenangan pertama yang sangat diinginkan di Ducati.

Andrea Dovizioso ingin mengatasi kesalahannya di Valencia, dan Dani Pedrosa juga ingin menuntaskan ambisinya menjadi juara dunia MotoGP, bukan sekadar pesaing seperti selama ini.

Maverick Vinales juga akan lebih kompak dengan timnya pada musim keduanya bersama Yamah Movistar. Dan Valentino Rossi? Meski semakin menua, anda tidak pernah bisa mengesampingkan The Doctor.

(motogp/fat/pojoksatu)



loading...

Feedss