Tips dan Trik Biar Jualan Pulsa Tetap Laris

Jualan Laris Traveloka

Jualan Laris Traveloka

Dalam setiap bisnis pasti ada suka dukanya. Begitu pula dengan jualan pulsa, ada yang laris dan bertahan sampai bertahun-tahun, tapi nggak sedikit pula yang baru buka sudah langsung bangkrut. Hmm, apa ya penyebabnya?

Kalau kamu baru menjalani bisnis ini atau baru berpikir bakal jualan pulsa, coba deh ikuti beberapa trik berikut ini biar usahamu tetap laris dan nggak bangkrut.

Sisihkan Uang Modal

Untuk memastikan agar usahamu terus berjalan dengan lancar adalah uang modal harus selalu ada. Terlebih untuk bisnis jual beli pulsa, karena kamu perlu modal untuk mengisi saldo yang nantinya bakal didistribusikan kepada para pelanggan. Jangan sampai uang modal habis untuk hal lain dan kamu tidak bisa mengisi ulang saldo untuk jualan.

Modal adalah hal penting yang harus kamu perhatikan dengan baik dan cermat. Triknya adalah, ketika kamu melakukan transaksi, langsung sisihkan uang modal di tempat berbeda dengan uang laba. Dengan demikian, modal kamu nggak bakal habis untuk hal lain dan bisa dipuatar lagi untuk menjalankan roda bisnis.

Buat Pembukuan

Selain membedakan tempat uang modal dan juga laba, kamu juga harus mencatat semua transaksi dalam pembukuan yang baik. Catat berapa saja transaksi yang masuk dan keluar setiap hari, kemudian rekap dengan hitungan bulanan.

Dengan pembukuan, kamu bakal tahu berapa modal yang keluar dan berapa keuntungan yang didapatkan. Setelah itu cocokkan catatan di pembukuan dengan uang yang ada di dalam kas. Jika terdapat ketidaksamaan data dengan fakta, langsung cari penyebabnya agar bisnismu bisa berjalan lancar.

Pilih Agen Pulsa Yang Transaksinya Terpercaya

Pelangganmu bakal lari kalau pulsa yang dibeli tidak juga masuk ke dalam ponsel mereka. Karena itulah, pilih agen pulsa yang terpercaya dan transaksinya cepat. Pastikan juga agenmu mudah dihubungi ketika terjadi masalah dalam transaksi. Agen yang kredibel biasanya menyediakan layanan komplain selama 24 jam penuh dan mudah diakses dengan media apa saja.

Kemudahan komplain ketika terjadi masalah adalah salah satu layanan purna jual yang diperlukan ketika jual beli pulsa. Dengan berbagai kendala yang bisa terjadi di lapangan, kamu tidak akan bisa mendapatkan transaksi yang seratus persen berhasil setiap hari.

Jangan segan untuk meninggalkan agen yang tidak memenuhi dua kriteria dasar di atas. Kecepatan transaksi dan kemudahan proses komplain adalah dasar utama dari bisnis ini agar pelanggan terus berdatangan. Tanpa keduanya, bisnis kamu tidak akan berjalan dengan lancar

Rajin Promo

jualan pulsa traveloka

sumber:pixabay.com

Ada banyak media untuk promosi usahamu di era sekarang ini. Mulai dari mengirim broadcast ke para pelanggan, membuat akun media sosial dan banyak cara lainnya yang tidak memakan banyak biaya. Trik ini sudah tidak asing di pakai para pengusaha, hampir semua bidang usaha memakainya. Bahkan perusahaan besar yang menjual pulsa sering melakukannya, contohnya saja Traveloka yang sekarang ini menjadi tempat jual pulsa juga dan sering memberikan promo atau potongan harga yang lebih murah.

Manfaatkan media sosial dengan maksimal untuk menjaring pelanggan lebih banyak. Ini yang penting dan menjadi perhatian para pebisnis besar selevel Traveloka, tapi bukan berarti kita tidak bisa meakukannya dalam skala yang lebih kecil kan? Jangan segan untuk update dan berinteraksi dengan para pelanggan untuk mencari tahu layanan seperti apa yang mereka inginkan dari usahamu.

Batasi Para Penghutang

Cashflow yang lancar adalah poin utama dari bisnis yang lancar dan nggak bangkrut. Terlebih di bisnis jual beli pulsa yang keuntungannya tidak seberapa. Kalau kamu membebaskan banyak orang untuk berhutang dan bayar di belakang, sama artinya dengan membunuh bisnismu sendiri secara cepat.

Hanya berikan hutangan pada orang-orang tertentu dan terpercaya. Namun jika ingin bisnismu lancar, maka sebaiknya tidak memberikan hutangan pulsa kepada siapapun juga.

(*)




loading...

Feedss