Ssstt.. Perusahaan Amerika Bikin ‘Air Susu Ibu’ untuk Orang Dewasa

Mengubah gula dalam ASI menjadi suplemen prebiotik bubuk ada di kartu untuk perusahaan bioteknologi Berkeley. (Foto: Sugarlogix)

Mengubah gula dalam ASI menjadi suplemen prebiotik bubuk ada di kartu untuk perusahaan bioteknologi Berkeley. (Foto: Sugarlogix)

POJOKSATU.id, SINGAPURA – Perusahaan Amerika membuat sebuah inovasi yang mengubah gula menjadi Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi dan orang dewasa.

Sugarlogix, perusahaan bioteknologi asal Berkeley, mengklaim bahwa gula bisa menjadi kegemaran kesehatan besar berikutnya, lapor Gizmodo, Rabu (11/10/2017).

Namun, inovasi di balik air susu ibu masih terlalu dini untuk mengatakan apakah hal tersebut masuk ke dalam kategori suplemen makanan atau tidak.

Laporan tersebut mengatakan bahwa para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 200 molekul gula yang berbeda atau oligosakarida susu manusia (HMO) dalam ASI.

Setelah laktosa dan lemak, HMO adalah bahan paling banyak ketiga dalam susu manusia, demikian seperti dikutip Asia News Channel.

Pada tahun 2006, tim peneliti menemukan bahwa gula mengandung bifidobacterium longum infantis (B. infantis), bakteri yang memberi makan HMOs, dpat meningkatkan tingkat keasaman pada usus.

Menurut artikel Gizmodo, ini membuat usus memiliki banyak patogen seperti bakteri baik E.Coli.

Bakteri juga mendorong produksi protein yang menutup celah antara sel usus untuk mencegah mikroba keluar dari aliran darah, dan molekul anti-inflamasi yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sugarlogix sedang mengembangkan gula untuk bayi yang tidak diberi ASI. Tapi ini baru permulaan: Perusahaan sedang mengembangkan ASI kepada orang dewasa.

Kulika Chomvong, CEO Sugarlogix, mengatakan kepada Gizmodo bahwa perusahaan tersebut berencana mengubah gula bubuknya menjadi pil prebiotik.

“Ini adalah pertama kalinya orang dewasa benar-benar memanfaatkan ASI,” kata Chomvong.

Dia juga berharap perusahaan tersebut akhirnya menjual gula kepada produsen makanan.

(mia/pojoksatu)




loading...

Feedss