Tumor Ginjal Berukuran 50 Kali Organ Tubuh Berhasil Diangkat

Tumor Ginjal Terbesar (Foto: SWNS)

Tumor Ginjal Terbesar (Foto: SWNS)

POJOKSATU.id, NEW DELHI – Ahli bedah India berhasil mengangkat tumor ginjal terbesar di dunia dari ginjal dari wanita dengan ukurannya 50 kali organ tubuhnya.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/10/2017) wanita bernama Manju Devi mengeluh memiliki benjolan di sisi kanan bagian tubuhnya.

Wanita berusuia 28 tahun itu memiliki sebuah benjolan yang sudah ia derita selama tiga tahun dengan berukuran 31 cm x 19 cm.

Para ahli di Guinness Book of World Records mengatakan tumor ginjal itu merupakan tumor terbesar yang pernah ditemukan.

Tumor Ginjal Terbesar2

Tumor Ginjal Terbesar (Foto: SWNS)

Tim di Rumah Sakit Umum Lokmanya Tilak di Sion di Mumbai mengatakan bahwa tumor ginjal itu memiliki berat 5,5 kg jauh dar berat ginjal normal yang memiliki berat antara 110g dan 140g.

Para ahli di Guinness Book of World Records sejak dikonfirmasi menjadi tumor ginjal terbesar yang pernah ditemukan.

Urolog Dr Ajit Sawant, yang memimpin tim bedah, mengatakan: “Dia tidak lagi dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari karena massa yang sangat besar di perutnya.

Tumor Ginjal Terbesar

Tumor Ginjal Terbesar Seberat 5,5 Kg (Foto: SWNS)

“Dalam tiga tahun terakhir dia telah dirujuk ke beberapa rumah sakit, namun karena ukurannya yang sangat besar, operasi itu ditangguhkan.”

Tumor itu benar-benar tumbuh di atas usus wanita dan pankreas di sebelah kiri perutnya, sebuah CT scan menunjukkan.

Wanita tersebut, dari distrik Darbhanga di negara bagian Bihar di India Utara, sudah dipulangkan dari rumah sakit setelah seminggu dirawat.

(mia/pojoksatu)

 




loading...

Feedss

Pembunuhan

Istri Ditusuk, Leher Suami Nyaris Putus

POJOKSATU.id, KOTAWARINGIN – Tragedi berdarah terjadi di Desa Tumbang Penyahuan, Kecamatan Bukit Santuai, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Stefanus Balim …