Bunda, Ini Tips Cerdas Agar Si Buah Hati Mau Makan Sayur

Ilustrasi (Foto: Alamy)

Ilustrasi (Foto: Alamy)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sayur sangat penting bagi tumbuh kembang anak, namun sebagian besar anak justru tidak suka mengonsumsi sayur.

Salah satu nutrisi yang penting bagi anak adalah mengonsumsi makan makanan empat sehat lima sempurna. Istilah itu sudah akrab di telingan kita bukan?

Pada kenyataannya tak sedikit anak yang ternyata sulit mengonsumsi sayur, padahal sayur sangat penting bagi kesehatan.

Namun kini tak perlu khawatir, sebab para ilmuwan telah menemukan metode yang telah terbukti ampun untuk membuat si kecil mau menyantap sayuran.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa salah satu faktor si kecil mau makan sayuran adalah bermuara pada bagaimana makanan tersebut disajikan.

Peniliti di Pusat Deakin untuk Ilmu Sensory Advanced menguji teori mereka pada 72 anak di usia sekolah dasar.

Setiap anak diberi wortel kupas seberat 500g utuh dan wortel yang dipotong dadu.

Anak-anak diberi waktu 10 menit untuk makan wortel sebanyak yang mereka suka.

Ternyata wortel yang disajikan utuh lebih disukai anak-anak ketimbang yang dipotong dadu. Alasannya karena mereka lebih memilih untuk memakan seluruh sayuran lebih lama.

“Rata-rata mereka makan wortel sekitar delapan sampai 10 persen lebih banyak dari keseluruhan sayuran, daripada wortel yang potong dadu,” jelas Dr Gie Liem, dosen dari Deakin University.

Menurutnya orang tua juga akan jauh lebih mudah menyajikan sayuran ke kotak makan siang anak tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu.

Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa lebih banyak banyak makanan di piring mereka, semakin banyak mereka ingin makan.

Dr Liem menambahkan secara potensial hasil ini dapat dijelaskan oleh unit-bias, di mana unit tertentu menciptakan norma konsumsi, yang memberi tahu konsumen berapa banyak yang harus mereka makan.

“Dalam kasus ini, anak-anak mengonsumsi satu wortel utuh yang menunjukkan bahwa begitu anak-anak mulai makan wortel secara keseluruhan, kemungkinan besar mereka akan menyelesaikannya.”

Dan tentunya trik sederhana ini juga bisa bisa mengurangi anak makan-makanan cepat saji.

(mia/pojoksatu)

Feeds