Sampaikan Pesan Cinta Lewat Brownies Manten

SUKSES: Patria Prima menunjukkan Brownies Manten yang mengantarkannya juara Wirausaha Muda Mandiri, belum lama ini.
FOTO: IST

SUKSES: Patria Prima menunjukkan Brownies Manten yang mengantarkannya juara Wirausaha Muda Mandiri, belum lama ini. FOTO: IST

Membuat satu jenis makanan baru selain karena hobi makan dan masak, bisa juga karena dari melihat berbagai hal yang terjadi lingkungan sekitar. Begitulah mengapa Patria Prima Putra dapat membuat satu cemilan baru, yakni Brownies Manten. Lalu apa yang membuat pemenang Wirausaha Muda Mandiri bidang usaha boga kategori mahasiswa diploma dan S-1 itu tertarik menciptakan brownies?

Laporan : Omer Ritonga 

Kebanyakan orang membuka usaha kuliner selain karena hobi memasak atau makan, melihat kebutuhan pasar. Berbeda dengan Patria Prima Putra, mahasiswa asal Palembang juara I WMM 2016 kategori mahasiswa diploma dan strata satu ini mencoba memproduksi brownies untuk menyampaikan pesan tertentu.

“Saya mengamati di sekitar banyak yang mau sampaikan pesan tertentu tapi susah. Nah lewat brownies manten ini, saya ingin orang-orang lebih mudah untuk sampaikan pesan khususnya yang sedang pacaran seperti pesan cinta,” ungkap Patria Prima Putra kepada Radar Bogor. Dia mengaku Brownies Manten juga akan disukai wanita yang umumnya takut gemuk atau berat badan bertambah.

Sebab kue itu dibuat tanpa menggunakan bahan yang rendah kalori yang tak menyebabkan badan menjadi gemuk seperti tepung, kuning telur.  Tidak hanya dikonsumsi pada acara- acara tertentu saja, pelanggan Patria juga banyak yang mengaku memilih Brownies Manten untuk hadiah kepaad sang pacar dan pasangannya.

Berbeda dengan brownies lain, brownies manten ini kering seperti kukis dan dapat bertahan sampai 1 tahun meski tidak disimpan dalam kulkas. Sedangkan untuk pasar sudah cukup luas, dari Aceh hingga Papua. Cemilan andalannya yakni Brownies Manten ini  sudah sampai dibeberapa negara seperti Singapura, Korea, Malaysia dan beberapa negara lain.

Sementara itu untuk sistem pemasaran selain membuka konter, dia juga menjualnya melalu pasar on line dan media sosial. Baginya untuk mengembangkan pasar harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Produksi tidak hanya brownies manten saja, ada beberapa produk lain. Hanya untuk brownies manten menjadi produk unggulan, belum ada di tempat lain.

“Produksi setiap hari. Untuk berapa banyak sekali produksi, disesuaikan dengan permintaan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Dalam proses produksi dan pemasaran, Prima memiliki 5 orang tim dan 50 karyawan yang umumnya masih kontrak atau sesuai dengan kebutuhan produksi. Karyawan lebih banyak untuk pemasaran dan produksi.

Dengan terpilih menjadi terbaik di kategori usaha Boga, Patria berharap usahnya dapat lebih berkembang lagi. Tidak hanya jangkauan pasar tetapi juga dapat membuat cemilan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai penyampai pesan untuk si pengirim kepada tujuannya hingga membuat rasa nyaman dan senang. (pojoksatu)


Feeds