Ciptakan Aplikasi untuk Buku Kas Online

KREATIF: Jodhi Prasuni Palgunadi (belakang paling kanan) saat menerima hadiah di Wirausaha Muda Mandiri berkat aplikasi Akun.Biz yang diciptakannya, beberapa waktu lalu.
FOTO: KELIK/RADAR BOGOR

KREATIF: Jodhi Prasuni Palgunadi (belakang paling kanan) saat menerima hadiah di Wirausaha Muda Mandiri berkat aplikasi Akun.Biz yang diciptakannya, beberapa waktu lalu. FOTO: KELIK/RADAR BOGOR

 

 

Seorang akuntan harus memiliki catatan lengkap untuk semua transaksi. Untuk memudahkannya, ada aplikasi yang dapat digunakan. Apa nama aplikasi dan bagaimana menggunakannya? Berikut kisah Jodhi Prasuni Palgunadi yang sukses membuat aplikasi tersebut.

Laporan : Omer Ritonga

Bagi seorang akutan, catatan yang lengkap dan terperinci terkait transaksi keuangan merupakan hal yang harus ada dan dilakukan. Sekecil apapun transaksi itu baik di perusahaan, kantor atau lembaga non profit termasuk dalam rumah tangga. Saat ini, dapat menggunakan aplikasi yang baru yakni akun.biz yakni buku kas secara on line, tak lain karya Jodhi Prasuni Palgunadi, pemenang Kategori Digital Financial Technology Wirausaha Muda Mandiri beberapa waktu lalu.

Meskipun Akun.biz baru sekitar 8 bulan, namun usernya sudah mencapai 2 ribu tanpa melakukan berbagai promosi. Tak hanya user domestik banyak juga user dari mancanegara.

Jodhi menjelaskan, Akun.biz merupakan aplikasi keuangan yang berfungsi sebagai buku kas untuk mencatat berbagai bentuk transaksi seperti pemasukan, pengeluaran dan utang piutang.

Dari hasil pencatatan tersebut, aplikasi ini dapat menyajikan laporan yang berisi total dari pemasukan, pengeluaran serta seberapa besar selisihnya.

“Bisa memudahkan pengelola keuangan pribadi, keluarga, organisasi, teamwork, panitia, komunitas, wirausaha kecil,” jelasnya kepada Radar Bogor belum lama ini.

Aplikasi itu juga berguna untuk menekan pengeluaran pribadi serta mengetahui pendapatan organisasi serta memberikan gambaran dasar seberapa besar laba usaha yang sedang dijalankan.

Keunggulan dari aplikasi tersebut, kata dia, pastinya mudah dan praktis karena berbasis internet dan bisa melakukan pencatatan kapan dan dimana saja. Termasuk berbasis cloud, meski di handphone atau komputer rusak tetap bisa diakses dan keamanan tetap terjaga.

“Dilengkapi dengan grafik hingga mudah dianalisa. Laporan juga bisa diunduh dalam format PDF. Serta menyediakan beberapa peralatan tambahan, inovoice dan catatan on line,” ujarnya.

Lebih lanjut Jodi menjelaskan ada dua tipe yakni gratis dan bayar. Untuk mengetahuinya bisa langsung men-download aplikasi tersebut.

“Saya berharap aplikasi ini dapat membantu mereka yang ingin melakukan pencatatan keuangan secara detail dan dalam jangka panjang,” imbuhnya. (pojoksatu)



loading...

Feedss