Gara-Gara Kaus Kaki, Timnas Inggris Kena Denda FIFA

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)

POJOKSATU.id, MOSKOW – Federasi sepak bola dunia atau FIFA menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar 50 ribu poundsterling atau setara Rp953 juta untuk timnas Inggris karena melakukan pelanggaran komersial.

Dalam pernyataannya, FIFA menyebutkan jika sebagian pemain The Three Lions, seperti Dele Alli, Eric Dier dan Raheem Sterling telah mengenakan kaus kaki yang “tidak sah” selama turnamen.

Para pemain tersebut mengenakan kaus kaki tambahan di pergelangan kaki di atas kaus kaki resmi Nike, dan telah mengabaikan peringatan FIFA sebelumnya untuk menanggalkan.

DENDA FIFA - Eric Dier adalah salah satu dari tiga pemain Inggris yang mengenakan kaus kaki, yang memiliki titik putih di sekitar mata kaki (thesun.co.uk)

DENDA FIFA – Eric Dier adalah salah satu dari tiga pemain Inggris yang mengenakan kaus kaki, yang memiliki titik putih di sekitar mata kaki (thesun.co.uk)

Dengan demikian, FIFA mengatakan denda tersebut adalah untuk pelanggaran peraturan media dan pemasaran dan peraturan peralatan FIFA atau menampilkan ‘branding komersial tanpa izin’.

“Beberapa pemain Inggris terus menampilkan merek komersial yang tidak sah pada item peralatan bermain sebelum dan selama pertandingan perempat final antara Swedia dan Inggris,” demikian pernyataan FIFA seperti dikutip dari BBC Sport.

Selain timnas Inggris, FIFA juga menghukum timnas Swedia dan kroasia untuk tudingan yang sama, yakni mengenakan socklet pergelangan kaki dengan merek yang tidak sah termasuk minum dari botol yang berlogo non-sponsor.

Bahkan Kapten Swedia Andreas Granqvist menghadapi denda lain setelah terus memakai sepasang kaus kaki yang tidak sah.

Sepanjang Piala Dunia 2018, FIFA juga telah menjatuhkan sanksi denda sebesar 80 ribu poundsterling atau setara Rp1,5 miliar untuk federasi sepak bola Argentina atas ulah fans Albiceleste yang melempar benda ke lapangan dan ucapan rasialis.

(qur/pojoksatu)




loading...

Feedss