Wenger: Akan Ada Manajer Perempuan di Liga Primer

Arsenne Wenger, Arsenal 
 (paininthearsenal.com)

Arsenne Wenger, Arsenal (paininthearsenal.com)

POJOKSATU.id, LONDON – Sepakbola kini tak hanya didominasi oleh kaum laki-laki. Atmosfir sepakbola wanita pun terus menggeliat dari masa ke masa.

Banyak talenta-talenta atau pemain wanita berbakat saat ini yang punya skill dan kemampuan tidak jauh beda dengan pemain laki-laki dalam urusan mengolah si kulit bundar di atas lapangan hijau.

Namun, sosok wanita atau perempuan yang menjadi pelatih klub sepakbola masih bisa dihitung dengan jari, bahkan di liga-liga tenar Eropa saat ini nyaris tidak ada.

Dilansir Goal, Manajer Arsenal Arsenne Wenger mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada manajer perempuan yang menukangi klub yang berlaga di Liga Primer Inggris.

Wenger percaya bahwa seorang manajer perempuan akan segera hadir di Liga Inggris sejurus meningkatnya perhatian terhadap analisis yang bersifat teknis di sepakbola.

“Secara personal saya yakin itu (manajer perempuan) akan segera terjadi. Sepuluh atau 15 tahun lagi,” ujar Wenger saat berbicara dalam acara yang digelar Asosiasi Penulis Sepakbola Inggris di London, kemarin waktu setempat.

Pelatih asal Perancis yang telah menandatangani perpanjangan kontrak selama dua musim di Emirates Stadium itu melihat akan ada perubahan dalam cara menjalankan klub di kompetisi teratas.

“Anda akan memiliki banyak ilmuwan di sekitar tim, mereka yang akan memimpin tim bermain di akhir pekan, akan ada lebih banyak spesialis manajemen dibanding spesialis sepakbola, karena nanti keputusan dalam sepakbola akan lebih banyak dibuat dari analisis berbasis teknologi,” ungkapnya.

Dari catatan FourFourTwo, saat ini Corinne Diacre merupakan salahseorang pelatih perempuan yang menukangi klub Ligue 2 Perancis, Clermont Foot.

Perempuan berumur 43 tahun itu tercatat sebagai pelatih perempuan kedua yang menukangi klub profesional pada  liga kompettitif tersebut pasca menggantikan pelatih sebelumnya yang juga perempuan, Helena Costa.

(qur/pojoksatu)

Berita Rekomendasi

Feeds