Jaksa Agung Swiss Bidik Bos PSG Terkait Dugaan Korupsi Piala Dunia

Nasser Al Khelaifi - Presiden PSG (sportsmaza.com)

Nasser Al Khelaifi - Presiden PSG (sportsmaza.com)

POJOKSATU.id, BASEL – Jaksa Agung Swiss membuka proses investigasi terhadap dugaan korupsi yang melibatkan Presiden Paris Saint-Germain Nasser Al-Khelaifi dan mantan sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke.

Dilansir Diario AS, indikasi korupsi tersebut terkait kasus penjualan hak media di piala dunia. Al-Khelaifi dituduh menyuap petinggi FIFA sehubungan dengan pemberian hak siar untuk Piala Dunia 2026 dan 2030.

beIN Sports telah membeli dari FIFA hak untuk menyiarkan turnamen tersebut ke negara-negara di Timur Tengah dan Afrika utara.

“Kantor Jaksa Agung Swiss telah membuka proses pidana terhadap mantan Sekretaris Jenderal FIFA dan melawan Chief Executive Officer Bein Media Group LLC sehubungan dengan pemberian hak media Piala Dunia,” demikian pertanyaan pihak Jaksa Agung Swiss tersebut.

Dalam tuduhan tersebut, Khelaifi, Valcke dan pengusaha yang tidak disebutkan namanya secara kolektif dicurigai melakukan penyuapan, kecurangan, kesalahan manajemen kejahatan dan pemalsuan dokumen yang berlangsung sejak 20 Maret 2017.

“Otoritas hukum di Prancis, Yunani, Italia dan Spanyol bekerja sama dengan bidang penyelidikan kriminal Swiss ini dan ‘properti dicari di berbagai lokasi’,” ujar pernyataan tersebut.

Dengan demikian, penyelidikan terhadap Al-Khelaifi tersebut bukan dalam kapasitas dirinya sebagai bos Les Parisiens, melainkan perannya sebagai kepala grup media olahraga BEIN.

(qur/pojoksatu)

Feeds